TEMPAT PENDARATAN IKAN

 Pekauman, 2 Juli 2021

Salah satu UPTD dari Dinas Pertanian dan Perikanan yang berada di wilayah Pekauman adalah Tempat Pendaratan Ikan (TPI) yang terletak di Jalan RK. Ilir RT.20 ditepian Sungai Martapura.

Hampir semua ikan darat dan sebagian ikan laut ada ditempat ini, tempat ini merupakan tempat bertemunya para nelayan yang berada di wilayah sekitar Kota Banjarmasin, yaitu dari Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala dan dari Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah dengan pembeli dalam jumlah besar dari Kota Banjarmasin terutama pengusaha warung dan restoran dikota Banjarmasin dan sekitarnya.

Kantor UPTD Tempat Pendaratan Ikan

Aktifitas disini mulai ramai jam 01.00 dinihari hingga jam 10.00, dimalam hari para nelayan mulai berdatangan, bersandar dan melakukan bongkar muat berbagai jenis ikan, didermaga yang berada ditepian Sungai Martapura.  Pada saat menjelang subuh para pembeli berdatangan.

Dermaga Pelabuhan TPI sebelah kiri

Dermaga Pelabuhan TPI sebelah kanan

TPI merupakan satu satunya yang aktif untuk pelabuhan ikan darat di Kalimantan dan sudah beroperasi lebih dari 40 tahun, sebelum dikelola oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin Pelabuhan ini hanya dikelola oleh masyarakat umum.


Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.