TIM JURI PROKLIM 2021


 Pada hari Senin, 26 Juli 2021 Kelurahan Pekauman menerima tamu Tim Juri Proklim 2021 yang terdiri dari Abdul Rohim dan Febri dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Kalimantan, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,  Isy Thaiyibati dari Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Kalimantan Selatan, Rusmawardi, Ali Hasymi, Lukman Hawari dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin.

Kedatangan Tim disambut oleh Plt. Lurah Pekauman dan Penggiat Proklim Kelurahan Pekauman Atim Susanto.  Tim melakukan wawancara dan kunjungan langsung beberapa lokasi di Kelurahan Pekauman antara lain, ke Moroseneng, Sungai Pahalau, Jalan RK Ilir dan Rantauan Darat.

Di Moroseneng Tim mewancarai dan mengamati langsung BPK Morse Fire dan Bank Sampah Morse Indah, kemudian ke Sungai Pahalau tepatnya dilingkungan RT.4, ke RK Ilir di hutan kota siring tepian sungai Martapura dan terakhir ke Jalan Rantauan Darat tempat pembuatan mie habang salah satu pelaku UMKM yang masih menggunakan tungku dengan bahan bakar kayu bakar untuk proses produksi mie tersebut.

Kegiatan berlangsung dari jam 09.00 Wita sampai jam 12.00 Wita, semua yang terlibat dalam kegiatan ini begitu semangat dan antusias menjalankan rangkaian kegiatan ini.

Pengamatan yang dilakukan oleh tim juri meliputi, pemanfaatan lahan pekarangan, apakah ada tanaman baik tanaman hias maupun tanaman keras seperti pepohonan.  Pemanfaatan air hujan, apakah ada bak penampungan dan bagaimana pemanfaatannya.  Sanitasi lingkungan antara lain pembuangan sampah dan pemanfaatan limbahnya.  Kualitas air sungai dan lingkungannya.

Semua rangkaian kegiatan wawancara dan pengamatan adalah untuk memperoleh gambaran Adaptasi perubahan iklim, dan upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan iklim, termasuk keragaman iklim dan kejadian iklim ekstrim sehingga potensi kerusakkan akibat perubahan iklim berkurang, peluang yang ditimbulkan akibat perubahan iklim dapat dimanfaatkan dan konsekuensi yang timbul akibat perubahan dapat diatasi.(uco_sugianto) 

 Tim sedang mewancarai Penggiat Proklim Kelurahan Pekauman didampingi oleh Plt. Lurah Pekauman Dra. Dahlianoor

 

Foto bersama sebelum ke lapangan
 
 
Tim sedang berada di Posko BPK Morse Fire, Moroseneng
 
 
Kunjungan ke Bank Sampah Morse Indah, di Moroseneng
 
 
 
Istirahat sambil ngeteh dan makan ubi goreng sebelum melanjutkan kegiatan
 
 
Kunjungan terakhir di Jalan Rantauan Darat, tempat UMKM Mie Habang

 
 

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.